PowerLine (3/3): Anti Blank Spot Internet di Rumah Dengan Jaringan Listrik

14 May 2020

Powerline Adapter, Jaringan Ethernet Kabel Listrik dan Kompatibilitas Merk

Powerline berbeda merek apakah bisa tersambung?

Mungkin kita bertanya apakah jaringan Powerline dapat terhubung dengan merek berbeda.

Seperti jaringan LAN dan WIFI tidak masalah bila terhubung dengan merek berbeda. Membuat jaringan WIFI ke WIFI dengan perangkat berbeda, atau LAN HUB dengan merk berbeda. Alasannya WIFI mengunakan standar yang sama, seperti WIFI 802.11 a/b/g/n/ac/ax.

Intinya standar, standar WIFI mengunakan angka 802.11 salah satu standar yang ada secara otomatis ketika saling terhubung. Standar WIFI tersebut adalah kecepatan, dan semua WIFI mengunakan standar tersebut.

LAN juga sama mengunakan standar ethernet, dengan standar kabel berisi 8 dan 4 kabel sebagai transmitter dan receiver.

Powerline mengunakan standar AV untuk kecepatan. Bedanya untuk Powerline perlu di setup sendiri dengan software dari masing masing merk, itu saja.

Router mengunakan merk A, HUB Network mengunakan merk B, dan WIFI mengunakan merk C atau mengunakan merk D di lantai 2.



Merk Powerline berbeda, tidak masalah, tapi perangkat harus mengunakan standar yang sama seperti HomePlug AV. Merk A, B, C, mahal dan murah bisa terhubung. Tapi beli perangkat Powerline yang berkualitas, khususnya dengan garansi dari distrbutor di Indonesia.

Apakah Powerline bisa digunakan dengan speed berbeda. Misal di kantor atau di rumah mengunakan AV500, perangkat lain AV600, dan perangkat lainnya AV1000.

Perangkat merk lain bisa dimasukan sebagai Node (perangkat adapter) jaringan Power line. Standar Powerline HomePlug AV kompatibel, akan mengikuti kecepatan paling rendah dari perangkat yang dipakai

Jumlah Node
Ada batasan dari jaringan Powerline. Satu standar memiliki batas jumlah Node, atau perangkat yang saling terhubung. Bisa dibaca keterangan dari pabrik, untuk jumlah Note sistem Powerline.

Jumlah Node diartikan jumlah perangkat yang terdapat dalam satu nama jaringan yang sama.

Misalkan Anda memiliki 16 perangkat/Node dengan nama LAN-AKU. Bila Node sudah mencapai maksimal 16 adapter, dan ingin menambahkan perangkat lain, maka dapat ditambahan dengan cara membuat nama satu grup network lain (Name Network), missal: LAN-KAMU. Antara LAN-AKU dan LAN-KAMU akan terpisah, walau dapat kembali disatukan melalui hub Router.

Setiap grup akan terhubung lebih dekat, sedangkan berbeda grup walau perangkat berada pada satu kabel listrik yang sama dan bersebelahan mengharuskan sinyal data berputar dahulu ke Hub, baru di kembalikan masuk ke grup lain.

TP-LinkTL-WPA4220   AV500 menyediakan paket 2 unit (2 Node) dan maksimum dapat terhubung ke 16 Node.
TP-Link AV600 Gigabit Powerline Adapter yang lebih cepat memiliki maksimum 64 Node.
Trendnet Powerline 500 AV juga memiliki maksimum 16 Node.
DLink PowerLine AV 500 Mini Adapter memiliki maksimum 6 Node.

Node adalah unit perangkat Powerline dengan nama network yang sama (Name Networking). Jumlah angka Node tersebut adalah jumlah perangkat yang disarankan, karena semakin banyak perangkat dapat memperlambat kecepatan tranfer data.

Sederhananya pemberian nama Name Networking. Anda memiliki 8 perangkat, 4 perangkat dipasang di lantai 1 dan 4 perangkat di lantai 2. Nama Name Networking dapat diberikan dengan Floor1 untuk grup di perangkat lantai satu, dan nama Floor2 untuk perangkat di lantai 2. Jadi di lantai satu akan berhubung lebih cepat di grup perangkat sendiri.

Powerline dapat terhubung dengan Router dari Node dimana saja.
Dibawah ini sebagai contoh pemasangan Powerline dalam satu grup. Misalnya diawal pemasangan, posisi Router untuk ke Internet di sambung ke perangkat di Node A ada di ruang depan. Sedangkan Node B dipasang di kamar Amir, Node C dipasang di kamar Budi dan Node D di ruang tamu.

Bila router di pindah, dan lebih dekat dengan Node B atau Node C, tinggal dihubungkan Router ke salah satu Powerline yang ada dan semua Node Powerline dapat terhubung seperti biasa.



Cara koneksi Powerline berbeda merk
Untuk satu merek powerline, tahap awal koneksi hanya perlu menekan satu tombol di satu perangkat dan perangkat lain. Agar saling mengenal dan melakukan enkripsi. Selesai proses sinkronisasi, semua perangkat dapat saling terhubung.

Bila berbeda merek. Dapat mengunakan software dari salah satu merek Powerline. Seperti software TP-Link untuk konfigurasi 2 merek berbeda TP-Link dan Devolo. Dengan mengklik Add Device, lalu masukan nomor password bila perangkat yang dipasang memiliki model berbeda.

Unit perangkat powerline berbeda merek dapat terhubung. Tapi software TP-Link tidak bisa men-setup merek lain, misalnya produk setting WIFI Extender merek Devolo. Dan software TP-Link hanya memberi keterangan Unknown Powerline unit.



Demikian juga dengan software Devolo, dengan mengklik bagian Device Configuration, dan Add device, akan ditanyakan nomor password perangkat yang terdiri dari 16 karakter. Setelah dimasukan dan di Save, maka akan muncul perangkat Powerline yang terhubung.



Bagaimana cara setting Powerline adaptor berbeda merek, lebih jelas dengan melihat video dibawah ini:
 


Bagaimana mengetahui jaringan kabel listrik dapat digunakan untuk Powerline Adapter.
Ini tipsnya..
Bila tertarik memasang jaringan Powerline Adapter, misalnya dirumah dibutuhkan sekitar 6 unit:
Seperti akan dipasang di 4 kamar, 1 di halaman belakang, 1 di unit di ruang depan yang terhubung ke router modem internet dapat dicoba dengan membeli satu pasang atau satu paket Powerline Kit.

Install di rumah atau di kantor, pindahkan unit Powerline Adapter ke tempat konektor colokan listrik di tempat berbeda. Test kecepatan dan koneksi, serta stabil tidaknya koneksi. Catat dimana saja konektor listrik yang dapat tersambung dengan Powerline.

Setelah melakukan survei tersebut, anda sudah dapat menentukan apakah akan mengunakan teknologi Powerline, apakah kabel listrik dirumah dapat digunakan untuk jalur Powerline dan berapa banyak titik yang tersedia untuk perangkat Powerline yang dibutuhkan setelah melakukan test.

Penutup standar AV Powerline
Berdasarkan data perangkat tahun 2020, harga paling murah perangkat KIT untuk sistem kabel (tanpa tambahan WIFI) hanya 300 ribuan untuk 2 unit Powerline adaptor. Atau versi kit dengan satu unit untuk WIFI sekitar 600 ribu.

Tidak perlu membeli versi lebih cepat bila kita tidak membutuhkan. Karena kabel listrik dirumah juga menentukan seberapa cepat data dapat di tranmisikan dengan Powerline.

Perkembangan AV Powerline tidak banyak berubah. Dari versi universal AV500 dan model lebih cepat AV1200 masih tersedia dipasaran. Perkembangan AV Powerline tidak akan jauh dikembangkan, mengingat harga perangkat sedikit lebih mahal dibanding memasang Access Point. Sebaiknya mengikuti standar perangkat paling umum seperti HomePlug AV. Tapi kepraktisan dengan perangkat AV Powerline dimana kabel listrik dirumah sudah tersedia. Dan sinyal WIFI terhalang oleh tembok dan tidak mungkin melakukan instalasi kabel ethernet. Sistem jaringan Powerline dapat membantu sebagai solusi terbaik.

Demikian informasi teknologi Powerline untuk jaringan networking.

Sumber:
http://www.obengplus.com/articles/6446/2/Powerline-Adapter-jaringan-ethernet-kabel-listrik-dan-kompatibel-merek.html


Bagikan Artikel ini di

   


Kami Adalah Solusi Anda

netVone siap menjawab kebutuhan IT di perusahaan Anda. Hubungi kami segera dan temukan solusinya

Copyrights © 2020. ALL RIGHTS RESERVED